Mengubah Pseudo Code menjadi Block Code



Mari kita buat game sederhana: "Tangkap Buah" 🍎

(Tujuan: Pemain menggerakkan keranjang untuk menangkap buah yang jatuh, skor akan bertambah setiap kali berhasil menangkap buah.)


1. Karakter yang Dibutuhkan

  • Keranjang (Sprite 1) → dikendalikan pemain.

  • Buah (Sprite 2) → jatuh dari atas layar.

  • (Opsional) Latar belakang seperti taman atau kebun.


2. Kode untuk Keranjang (Sprite 1)

Blok kode:

  1. Gerakan kiri/kanan pakai tombol panah

when green flag clicked go to x: 0 y: -130 // posisikan keranjang di bawah forever if <key [right arrow] pressed?> then change x by 10 end if <key [left arrow] pressed?> then change x by -10 end end

3. Kode untuk Buah (Sprite 2)

Blok kode:

when green flag clicked forever go to x: (pick random -200 to 200) y: 180 // posisi acak di atas repeat until <y position < -160> change y by -5 // jatuh ke bawah wait 0.02 secs if <touching [Keranjang v]?> then change [Score v] by 1 play sound [pop v] stop [this script v] // ulangi jatuh dari atas end end end

4. Tambahkan Variabel Skor

  1. Klik Variabel → Buat Variabel → Score.

  2. Tambahkan di awal permainan:

when green flag clicked set [Score v] to 0

5. Tambahkan Game Over

Jika buah tidak tertangkap (jatuh keluar layar):

if <y position < -160> then broadcast [Game Over v] end

Lalu di sprite keranjang atau buah:

when I receive [Game Over v] say [Game Over!] for 2 secs stop [all v]

6. Variasi Tambahan (Opsional)

  • Tambahkan lebih dari satu buah.

  • Ganti kecepatan jatuh semakin cepat setelah skor tertentu.

  • Tambahkan suara saat skor bertambah.

Posting Komentar untuk "Mengubah Pseudo Code menjadi Block Code"